Pages

Sunday, June 10, 2018

Anthony Bourdain: Pemilik restoran mie di Vietnam yang kehilangan sang koki legendaris

Obama dan Anthony Bourdain
AFP
Restoran Bun Cha Huong Lien menjadi terkenal setelah Bourdain makan di sana bersama Presiden Obama saat itu dalam acara TV yang dikelolanya.

Pemilik restoran mie di Hanoi, Vietnam, di mana koki tersohor Anthony Bourdain menikmati sajian makanan seharga $ 6 atau sekitar Rp 84,000 bersama Presiden AS Barack Obama pada 2016, mengaku terkejut atas kematian sang koki.

"Saya terkejut dan sedih saat mendengar tentang (Bourdain)," kata Nguyen Thi Nga, sang pemilik restoran, kepada kantor berita AFP di Hanoi.

Restorannya, Bun Cha Huong Lien, menjadi terkenal setelah Bourdain makan di sana bersama Presiden Obama saat itu dalam acara TV yang dikelolanya.

Bourdain ditemukan tewas di kamar hotelnya pada hari Jumat karena bunuh diri.

Istri Nga, yang membantu usaha restoran suaminya di ibu kota Vietnam, mencoba mengingat Bourdain yang disebutnya "baik, ramah dan sederhana".

"Dia memuji hidangan bun cha dan kaldu saus ikan kami, dia mencintai makanan Vietnam," katanya.

Pada 2016, Bourdain makan bersama dengan Obama di restoran sederhana itu. Kedua pria itu duduk di bangku plastik saat mengonsumsi daging babi panggang, mie beras, dan lumpia goreng - semua dicuci dengan bir Hanoi.

Foto-foto saat mereka makan malam itu kemudian menjadi viral setelah Bourdain, yang dikenal karena kecintaannya pada makanan pinggir jalan, menuliskan perjumpaannya dengan Obama melalui serangkaian tweet dan unggahan foto-fotonya di akun Instagramnya.

Meja tempat pasangan itu duduk dan menyantap makanan, lengkap dengan sajian makanannya serta botol bir kosong, kemudian dipamerkan di salah-satu sudut restoran.

"Para pelanggan menyukainya, banyak yang mengambil foto di samping meja," kata istri Nga kepada BBC awal tahun ini, seraya menambahkan: "Bagi kami, itu adalah kenangan indah yang akan kami kenang selamanya."

Bourdain menyudahi hidupnya di sebuah hotel di dekat kota Strasbourg, Prancis, untuk syuting serialnya, Parts Unknown, di CNN. Dua bulan sebelumnya, dia berkunjung ke Jakarta dan Bali untuk syuting serial yang sama.

Selama ini pria berusia 61 tahun ini dikenal sebagai penulis makanan, karya fiksi, dan nonfiksi paling laris.

Tidak lama setelah Bourdain meninggal, Obama menuliskan rasa kehilangannya melalui akun Twitternya.

Di dalamnya, Obama membagikan pula foto saat dirinya makan bersama dan minum bir bersama Bourdain saat makan di restoran yang dikelola Nguyen Thi Nga.

Bourdain mengunjungi Vietnam beberapa kali dan merekam sejumlah program yang isinya menunjukkan ketertarikannya yang luar biasa dengan makanan tradisional negara itu.

Let's block ads! (Why?)

Kalo berita nya gak lengkap buka aja link yang ada di samping buat lihat berita lengkap nya http://www.tribunnews.com/internasional/2018/06/11/anthony-bourdain-pemilik-restoran-mie-di-vietnam-yang-kehilangan-sang-koki-legendaris

No comments:

Post a Comment